4 Ide Blog Musik untuk Membantu Anda Membangun Pemirsa 2022

4 Ide Blog Musik untuk Membantu Anda Membangun Pemirsa 2022 – Seperti yang dikatakan Stevie Wonder dalam lagu klasiknya “Sir Duke,” Musik adalah dunia di dalam dirinya sendiri / dengan bahasa yang kita semua mengerti.” Jika musik melampaui bahasa, maka menulis tentangnya mungkin tampak aneh.

Namun, ada banyak nilai dalam membuat ide blog musik. Baik itu untuk mempromosikan band Anda, menjual produk yang berhubungan dengan musik, atau hanya untuk membagikan pemikiran Anda tentang musik kepada dunia, ide blog musik bisa menjadi cara untuk melakukannya.

4 Ide Blog Musik untuk Membantu Anda Membangun Pemirsa 2022

Namun, ide blog musik bisa menjadi subjek yang sulit untuk ditulis. Untuk memberi Anda beberapa inspirasi untuk ide blog musik Anda sendiri, kami ingin membagikan delapan jenis konten musik berbeda yang berfungsi dengan baik untuk berbagai tujuan.

Dengan setiap jenis konten, kami telah menyertakan contoh dari blog favorit kami, baik yang terkenal maupun yang tidak jelas. Namun, kesamaannya adalah mereka menunjukkan konten berkualitas tinggi untuk Anda tiru.

Jenis Postingan Blog Musik Apa yang Harus Anda Tulis?

Berita Musik

Hadiah

tutorial

Di balik layar

Jenis konten yang Anda pilih untuk dibuat akan bergantung pada alasan Anda memulai  ide blog musik. Jika Anda ingin mempromosikan karya Anda sendiri, misalnya, maka memposting pembaruan tentang kemajuan di album terbaru Anda atau melihat di balik layar tentang bagaimana Anda menghasilkan lagu hit Anda akan masuk akal.

Sebaliknya, jika Anda menjual produk musik, memposting ulasan instrumen atau peralatan akan menjadi cara yang cerdas, seperti halnya wawancara dengan musisi terkemuka yang menggunakan produk Anda.

Baca Juga; Blog Musik Populer di Kalangan Remaja 2022

Yang sedang berkata, jangan takut untuk menjadi kreatif. Hanya karena Anda terutama adalah situs berita ide blog musik, itu tidak berarti Anda juga tidak dapat memposting konten di balik layar jika itu masuk akal untuk dilakukan. Kuncinya adalah memahami apa yang ingin dibaca audiens Anda, dan itu adalah sesuatu yang hanya dapat Anda pahami dengan waktu dan eksperimen.

Mengetahui hal itu, mari kita lihat 4 ide blog musik untuk Anda coba:

1. Berita Musik

Dunia musik itu dinamis, dengan aliran album baru, konser, dan rilis produk yang konstan. Ini membuat berita menjadi jenis konten blog yang logis untuk beberapa situs.

Sebagian besar blog musik yang memposting berita cenderung berfokus pada jenis konten itu, meskipun Anda akan sering menemukan bahwa blog semacam itu memposting wawancara dan artikel berbasis cerita lainnya. Berita juga bisa masuk akal jika Anda meninjau instrumen atau peralatan, karena pembaca Anda ingin tahu tentang rilis gitar, drum, atau pedal efek terbaru.

Jenis posting blog berita meliputi:

  • Pengumuman tur, konser, atau acara langsung lainnya
  • Pengumuman album atau lagu
  • Pengumuman video musik baru
  • Pengumuman rilis produk
  • Pemberitahuan kematian atau pengunduran diri seorang musisi atau band

Gosip atau informasi kehidupan pribadi yang terkait dengan musisi (jika Anda menjalankan blog dengan audiens yang tertarik dengan konten semacam itu)
Untuk melihat seperti apa postingan blog berita musik berkualitas, lihat pengumuman Stereogum tentang dua lagu baru dari Childish Gambino:

  • 8 Ide Blog Musik untuk Membantu Anda Membangun Pemirsa dan Menumbuhkan Kehadiran Online Anda
  • Posting ini membuat hal-hal singkat dan sederhana. Ini dimulai dengan pernyataan item berita: Ada dua lagu Childish Gambino baru. Penulis kemudian memberikan sedikit info tentang seperti
  • apa suara lagu tersebut, diikuti dengan beberapa konteks tentang bagaimana menurut mereka orang akan menerima lagu tersebut (perhatikan tautan internal ke posting terkait lainnya di situs).

Terakhir, penulis mencatat bagaimana kedua lagu tersebut cocok dengan konteks keseluruhan musik Gambino sebelum menyematkan video untuk mengalirkan kedua lagu tersebut:

Perhatikan juga, apa yang bukan posting ini. Ini bukan review dari dua lagu. Sementara penulis memberikan beberapa kalimat tentang gaya musik dari trek yang bersangkutan, mereka tidak masuk ke detail atau memberikan penilaian kualitatif. Sebaliknya, mereka membuat pengumuman dan kemudian langsung ke apa yang paling dipedulikan pembaca: Cara mendengarkan lagu-lagu baru.

2. Hadiah

Semua orang menyukai barang gratis, bahkan jika kita tahu jauh di lubuk hati bahwa produk “gratis” masih datang dengan semacam biaya. Inilah yang membuat hadiah sangat efektif: Temukan saja artis atau perusahaan yang bersedia memberikan produk atau pengalaman yang relevan, lalu bermitra dengan mereka untuk menawarkannya kepada pembaca Anda. Ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang melalui sponsorship, menarik pembaca baru ke blog Anda, dan membangun hubungan dengan anggota dunia musik lokal.

Berikut adalah beberapa ide untuk hadiah:

  • Musik Gratis
  • Tiket konser
  • Merchandise
  • Tiket konser di belakang panggung atau VIP
  • Perlengkapan atau instrumen

Tentu saja, dalam banyak kasus ada kondisi tertentu yang harus dipenuhi oleh pembaca Anda agar memenuhi syarat untuk mendapatkan giveaway. Ini bisa melibatkan berbagi posting di media sosial, bergabung dengan daftar email Anda, atau meninggalkan komentar ide blog musik Anda. Apa pun kondisinya, pastikan itu memajukan blog dan/atau tujuan bisnis Anda dengan cara tertentu.

Untuk melihat contoh postingan giveaway klasik, mari kita lihat kontes terbaru dari LA Music Blog penawaraning kesempatan memenangkan tiket untuk melihat Django Django:

Postingan dimulai dengan gambaran umum tentang siapa band yang dimaksud, serta apa yang bisa Anda menangkan. Dalam hal ini, ini adalah tiket konser, dan penulis tidak membuang waktu untuk membahas apa yang perlu Anda lakukan untuk memenangkannya:
Setiap kali Anda menjalankan kontes atau giveaway, Anda harus spesifik tentang dua hal:

  1. Apa yang perlu dilakukan pembaca untuk masuk dan menang
  2. Apa yang diterima pemenang (dan apa yang tidak termasuk)

Posting ini melakukan keduanya. Pertama, ada tiga syarat untuk masuk, yang semuanya berfungsi untuk meningkatkan kehadiran media sosial situs. Kedua, ada pernyataan yang jelas tentang apa yang diterima pemenang: hanya tiket konser (tidak ada perjalanan atau akomodasi).

Jika Anda tidak menyertakan informasi seperti ini, Anda dapat mengambil risiko beberapa pembaca kesal yang salah memahami kontes Anda. Yang terbaik adalah melakukan kesalahan dalam menjelaskan secara berlebihan dalam kasus-kasus seperti ini.

3. Tutorial

Tutorial adalah jenis posting blog yang populer karena suatu alasan: Tutorial membantu orang menyelesaikan hal-hal yang tidak mereka ketahui untuk dilakukan. Jika Anda dapat menulis tutorial yang menjelaskan cara membuat ketukan, menguasai tangga nada tertentu, atau merekam vokal profesional, pembaca Anda akan terus datang kembali.

Berikut adalah beberapa jenis tutorial yang dapat Anda buat:

  • DIY (misalnya, cara membuat alat musik perkusi menggunakan barang-barang rumah tangga)
  • Produksi musik
  • Teknik perekaman
  • Teori musik
  • Teknik instrumental
  • Melempar musik Anda ke label

Untuk contoh postingan tutorial yang seharusnya, lihat panduan langkah demi langkah untuk menguasai musik rumahan dari musisi dan produser Andrew Huang:

Andrew memulai tutorial dengan penjelasan tentang masalah yang ingin diselesaikan oleh pembacanya. Dalam hal ini, bagaimana menghabiskan lebih sedikit waktu dan tenaga untuk menguasai bagian produksi trek. Inilah yang selanjutnya dia jelaskan saat dia merinci proses penguasaan empat tahapnya.

Sepanjang pos, ia menyertakan tangkapan layar dari pengaturan penguasaannya:

Ini adalah contoh yang baik untuk ditiru. Apa pun tutorial yang Anda tulis, penting bagi Anda untuk menggunakan tangkapan layar, video, dan media lain untuk mengilustrasikan poin Anda. Anda tidak pernah ingin pembaca tidak yakin tentang langkah-langkah yang harus mereka ambil.

4. Dibalik Layar

Kembali pada hari-hari ketika vinil adalah bentuk utama dari rekaman musik, Anda selalu dapat mengandalkan sampul album untuk memberi Anda wawasan tentang proses produksi rekaman. Itu biasa untuk melihat foto-foto band di studio, serta catatan dari produser. Bahkan ketika CD menggantikan vinil, tradisi yang sama ini tetap hidup dalam buklet yang menyertai CD.

Ketika musik menjadi digital, begitu pula info di balik layar. Hari-hari ini tidak lagi datang dengan album. Sebaliknya, materi di balik layar tersedia secara online, seringkali dari berbagai media (beberapa berafiliasi dengan musik, beberapa tidak).

Baik Anda ingin mempromosikan musik Anda sendiri atau hanya untuk menginformasikan dan menghibur pembaca Anda, postingan di balik layar memiliki banyak nilai. Penggemar dan pembaca Anda senang mendapatkan wawasan tentang proses kreatif, karena hal itu membantu mereka merasa bahwa mereka adalah bagian terbesar dari musik, lebih dari sekadar konsumen. Ini sangat penting bagi artis baru, karena ini adalah kesempatan untuk memberi penggemar cerita latar tentang siapa Anda dan dari mana musik Anda berasal.

Berikut adalah beberapa ide untuk posting di belakang layar:

  • Foto dan video dari proses perekaman atau penulisan
  • Bukti desain sampul album
  • Contoh barang dagangan
  • Foto di belakang panggung
  • Foto dan video pembuatan instrumen, peralatan, atau produk Anda lainnya

Untuk melihat postingan di balik layar beraksi, lihat postingan “Making Of” ini yang dilakukan Genius untuk “The Weekend” SZA:

Postingan ini dimulai dengan judul yang menarik perhatian, dan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang popularitas dan konteks lagu tersebut. Dari sana, penulis memperkenalkan produser yang akan mereka wawancarai.

Perhatikan bagaimana posting ini bergantung pada penceritaan, menenun kutipan dari produser ke dalam tulisan. Ada juga tautan ke artis dan lagu yang dikutip oleh produser sebagai pengaruh, yang memungkinkan pembaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka jika mereka mau.

Kami juga harus menyebutkan bahwa postingan ini ada bersamaan dengan wawancara video dengan produser lagu. Jika Anda dapat menunjukkan diri Anda (atau tim produksi Anda, atau orang lain) di depan kamera, itu menciptakan koneksi yang lebih besar daripada kata-kata saja.